Gadget

Review Realme GT Neo 3

Realme GT Neo 3

Realme GT Neo 3 menghadirkan sejumlah teknologi menarik. Smartphone dengan teknologi pengisian baterai tercepat ini bukan kaleng-kaleng.

Sejak awal kemunculannya, Realme GT Neo 3 digadang-gadang sebagai smartphone dengan teknologi fast charging tercepat. Tapi, apa cuma kemampuannya?

BOX REALME GT NEO 3

Realme GT Neo 3 hadir dengan box persegi panjang. Ponsel 5G ini menyematkan tulisan 150W setelah namanya sebagai teaser teknologi fast chargingnya.

Dalam paket penjualan diberikan charger yang agak berat karena tenaga 150W itu dan kabel data. Jangan lupa ada Case silicon yang diberikan realme.

Unit yang kami terima sebagai warna Nitro Blue dengan 2 strip racing ala-ala mobil balap. Warnanya mengingatkan kita dengan mobil yang ada di seri game Need For Speed ​​​​atau seri Asphalts. Sebagai informasi, pilihan warna lain adalah Sprint White dengan strip hitam.

lapisan bodi belakang unik. ini adalah AG Glass Process terbaru yang mampu mengurangi penurunan cahaya dari 8% 5% dari AG Glass tradisional. Saat gelap, ia tampak terang. Namun jika terkena cahaya, terhenti seolah-olah itu lapisan merpati.

Smartphone ini berukuran 163,3 x 75,6 x 8,2 mm. Beratnya cuma 188 gram. Realme GT Neo 3 terasa ringan dan pas dalam genggaman tangan.

Ada tombol di sisi kanan dan volume di sisi kiri. Di bawah ada slot untuk dual SIM Card tanpa tambahan memori slot. Di bawah ada lagi port USB type C tanpa audio jack. Ada dual speaker dengan sertifikat Dolby Atmos untuk suara empuk.

Realme GT Neo 3 memakai layar berpanel AMOLED dengan bentangan 6,7 inci Full HD+ dengan resolusi 1.080 x 2.412 piksel. Tak ketinggalan refresh rate 120Hz untuk menjamin pengalaman mulus saat menggunakannya. Untuk perlindungan ponsel ini memakai Corning Gorilla Glass 5.

Di bagian punch hole terdapat kamera 16 MP. Di belakangnya, Realme memasang kamera utama berukuran 50 MP dengan sensor Sony IMX766 OIS. Tampak pula kamera ultrawide 8 MP dan lensa makro 2 MP.

detikINET menjajal kemampuan kameranya untuk situasi outdoor, indoor, macro dan fotografi malam. Hasilnya adalah foto yang tajam dan cukup memuaskan. Inilah beberapa hasil jepretannya.

Realme GT Neo 3 disokong chipset Mediatek Dimensity 8100 5G yang dipadukan RAM LPDDR5 sebesar 12GB dan memori internal UFS3.1 sebesar 256GB. Kombinasi tersebut menjanjikan kinerja yang lancar dengan torehan skor Antutu mencapai 800 ribu.

detikINET menjajal sejumlah game populer seperti Roblox, Call of Duty: Mobile, Genshin Impact, Dead By Daylight dan Mobile Legends Bang Bang. Rata-rata game bisa dimainkan dengan lancar jaya termasuk Genshin Impact yang sering dibilang berat. Grafik tampak mulus dan halus. Main game pun jadi lancar jaya.

Nah, inilah jualan utama dari Realme GT Neo 3. Dia membawa baterai 4.500mAh. Dengan teknologi 150W UltraDart Charge mampu mengisi baterai tersebut hingga 50% dalam waktu 5 menit. Ponsel ini bisa dicas penuh dari kosong, hanya dalam 15 menit.

detikINET menjajalnya dan ternyata ini bukan isapan jempol. Membuat baterai bisa dilakukan dengan sangat cepat. Buat para gamer, tentu ini adalah berkah.

Realme mengatakan smartphone ini dibekali teknologi Dual Charge Pump Parallel Architecture yang dimiliki mampu meningkatkan tingkat konversi pengisian hingga 98,5% meskipun dipandang panas tetap di bawah suhu 43 derajat Celcius. Teknologi Battery Sense Voltmeter yang juga disematkan untuk mendeteksi voltase sel baterai, serta menyesuaikan pengisian daya yang tepat selama proses pengisian daya.

Adapter 150W UltraDart Charge yang disertakan dalam paket penjualan Realme GT Neo 3 dilengkapi dengan beberapa protokol pengisian cepat populer seperti PD, PPS, dan QC. Keamanan pengisian daya juga memperoleh sertifikasi dari TÜV Rheinland dan uji kecepatan pengisian daya tercepat oleh DxOMark.

Apa tidak panas? Saat detikINET pegang, ternyata memang tidak panas. Hanya hangat sedikit pada ponsel dan charger. Mengapa demikian?

Realme GT Neo 3 menjawabnya dengan sistem pendingin Stainless Steel Vapor Cooling (VC) Max berukuran 4.129mm² tahan karat. Stainless steel yang tahan karat dan tembaga murni digabungkan dalam heat sink VC, yang memiliki efisiensi pembuangan panas lebih tinggi daripada bahan VC tembaga murni tradisional.

Sistem pendingin tersebut diklaim dapat mengisi total area dari sistem pendingin seluas 39.606mm². Realme GT Neo 3 mengadopsi bahan konduktivitas termal terkuat dan struktur pembuangan panas sembilan lapis, yang mencakup sumber panas inti 100%. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sistem pendingin Realme GT Neo 3 meningkat sebesar 120,86%.

Untuk para gamer yang ingin bermain nonstop tanpa jeda, Realme GT Neo 3 bisa menjadi pilihan kalian. Main sepuasnya sampai baterai habis, break sebentar untuk di-charge. Sambil istirahat, mungkin untuk makan, ke toilet atau ibadah. Kembali ke ponsel, sudah 100% penuh dan kembali main gaspol.

Tapi selain itu fungsi lain tetap tidak ditinggalkan. Ringan digenggam dengan desain racing, bikin gaya untuk dipamerkan di depan teman. Mau dibawakan untuk memotret juga oke dalam beberapa situasi umum.

Ponsel anyar Realme ini bisa didapatkan di Shopee, Tokopedia, Akulaku dan Realme.com. Harga Realme GT Neo 3 Rp 7.999.000, namun saat flash sale menjadi Rp 7.799.000.

Realme GT Neo 3 turut menyediakan opsi 80W yang dijual lebih murah. Harga yang dibanderol Rp 6.999.000, menjadi Rp 6.799.000 saat flash sale.
Sumber : Detiknet

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Related Articles

Back to top button