Gadget

Review Luna AC172: Charger Dual Port Murah

Review Charger Luna AC172

Luna merupakan produsen gadget yang rajin merilis aksesori murah di Indonesia. Salah satu produk andalannya adalah charger AC127.

Produk Charger AC127 disebut-sebut sebagai fast charging dual port oleh Luna. Ia juga diklaim sebagai perangkat smart charger. Menariknya lagi, produk tersebut dijual dengan harga sangat terjangkau.

BukaReview mendapatkan kesempatan untuk menguji charger Luna AC172 ini. Lantas, seperti apa spesifikasinya? Seperti apa performanya? Simak terus artikel review ini ya!

Spesifikasi Charger Luna AC127

Sebelum membahas lebih jauh soal Luna AC127, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu spesifikasinya.

Spesifikasi Luna AC172

Technology: Fast Charging

Cable Type: Type-C/Micro USB

Port: 2

Input: AC 100-240V 50/60Hz

Output: 5V/2.4A Max

Dari daftar spesifikasi tersebut, terlihat bahwa charger Luna AC127 dibekali dengan dua port. Ya, kamu bisa mengisi daya dua perangkat sekaligus dengan menggunakan charger tersebut.

Ia juga diklaim punya kemampuan fast charging. Inilah yang dimaksud dengan kalimat fast charging dual port.

Output-nya sendiri sebesar 5V/2.4A. Artinya, produk tersebut punya output maksimal sebesar 12W.

Ada beberapa perlindungan yang hadir di produk ini. Beberapa di antaranya adalah perlindungan terhadap overcharge, overcurrent, overpower, overheat, overvoltage, dan short circuit.

Baca juga:Review Ugreen GaNX 100W: One Charger to Rule Them All

Desain dan Isi Kotak Penjualan Luna AC172

Luna AC172 hadir dengan desain kotak yang tidak jauh berbeda dari charger pada umumnya. Di bagian tepi-tepinya, terdapat motif garis-garis. Motif tersebut membuat bodi perangkat tidak menjadi licin.

Bodi dari charger itu sendiri terbuat dari material ABS+PC. Produk tersebut dikatakan bakal tahan panas dan juga api.

Colokannya sendiri sudah sesuai dengan standar Indonesia, yakni colokan dua. Jadi, kamu tidak perlu memasangkannya dengan konektor lain.

Isi dari kotak penjualannya bisa dikatakan lengkap. Kamu akan mendapatkan satu unit charger (tentunya) dan kabel USB Type-C atau Micro USB. Kamu bisa mendapatkan salah satu dari kabel tersebut secara gratis. Kamu mesti melihat kode yang tercantum di kotak penjualan, sebagai berikut:

AC172C – Ini merupakan kode charger dengan gratis kabel USB Type-C.

AC172M – Ini merupakan kode charger dengan gratis kabel Micro USB.

Jangan sampai salah ya!

Lantas, bagaimana performa dari Luna AC172 sendiri? Simak saja poin berikutnya!

Baca juga:Review Anker PowerDrive 2 Lite: Car Charger yang Andal dan Murah

Performa Luna AC172

Untuk membantu dalam pengujian ini, kami menggunakan alat bantu berupa Voltmeter. Dalam pengujian pertama, kami mengisi daya Xiaomi Mi 10T. HP itu sendiri sebenarnya punya kemampuan fast charging 33W.

Menggunakan kabel dalam paket penjualan HP Xiaomi yang dikombinasikan dengan Luna AC172, charger mampu menghasilkan output sebesar 9 watt hingga 9,2 watt. Artinya, charger mampu menjaga output agar tidak overcurrent. Pengamanan charger bekerja dengan baik.

Kemudian, kami menggunakan kabel dari paket penjualan charger. Output yang dihasilkan pun sama. Artinya, charger yang diberikan memang mendukung pengisian daya dengan output mencapai 5V/2.4A atau 12W.

Sayangnya, kemampuan fast charger yang dimiliki charger tidak bekerja. Kemungkinan besar, alasannya karena kebutuhan fast charging Xiaomi Mi 10T yang besar tadi.

Berikutnya, kami mencoba mengisi daya Samsung Galaxy S10. Pengujian menggunakan Voltmeter memperlihatkan, charger mampu memberikan daya sebesar 10W dalam pengisian. Meski begitu, kemampuan fast charging juga tidak aktif. Notifikasi pengisian daya tidak menampilkan kata “Fast Charging” seperti saat menggunakan charger dengan daya output lebih besar.

Kami juga menguji Luna AC172 dengan menggunakan kabel Micro USB. Hasilnya, ia mampu menghasilkan daya output hingga 9W.

Kedua port yang ada di Luna AC172 dapat berfungsi dengan baik. Saat mencolokkan dua perangkat, uniknya, output perangkat bisa mencapai 14W! Padahal, output maksimal ada 12W.

Meski begitu, ada sedikit kekurangan di kedua port tersebut. Skenarionya kira-kira seperti ini: Saat kami mencolokkan Samsung Galaxy S10 dan Xiaomi Mi 10T, output perangkat mencapai 14W. Perangkat pertama yang dicolokkan akan mendapat daya output yang lebih besar, kira-kira sekitar 9W. Sementara itu, produk kedua bakal mendapat sekitar 5W.

Nah, saat perangkat pertama dicabut, produk kedua tetap hanya mendapat output 5W. Artinya, charger tidak secara otomatis “mengangkat” atau meningkatkan output daya. Masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mencabut dan kembali mencolokkan perangkat ke charger. Output pun kembali normal ke 9W hingga 10W.

Baca juga:Review: Choetech Q3-4U2Q QC 3.0, Charger dengan 5 Port Sekaligus

Kesimpulan review charger Luna AC172

Luna AC172 dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu bisa membelinya dengan harga:

Luna AC172M – free kabel Micro USB – Rp84.900 (pernah didiskon menjadi Rp26.250).

Luna AC172C – free kabel USB Type-C – Rp89.900 (pernah didiskon menjadi Rp27.930).

Menurut kami, charger Luna AC172 bisa dikatakan bagus. Performanya sendiri sesuai dengan harganya. Luna AC172 lebih cocok untuk HP low-end hingga mid-end yang tidak punya kemampuan fast charging yang tinggi.

Smartphone dengan baterai besar dan kemampuan fast charging yang tinggi kurang cocok menggunakan charger yang satu ini. Pasalnya, kemampuan fast charging tidak akan aktif. Pengisian daya pun akan lebih lama dari semestinya. Untuk perangkat macam ini, memang dibutuhkan charger yang lebih mahal.

Selain itu, kemampuan keamanannya juga bekerja dengan baik.

Luna AC172 sendiri cocok bagi kamu yang ingin mencari charger cadangan atau pengganti charger yang rusak. Meski begitu, perhatikan output yang dibutuhkan ya!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button